Skip to main content
Image
jenis paspor indonesia

Manfaat Paspor Bagi Kita

Body

Manfaat paspor sangat penting keberadaannya bagi Anda yang sering bepergian ke luar negeri. Paspor merupakan dokumen identitas yang hanya lembaga atau pejabat yang memiliki kewenangan yang berhak mengeluarkannya.

Oleh karena itu penggunaannya pun berkaitan dengan aturan sebuah negara. Hanya mereka yang mempunyai paspor, yang bias dengan sah datang ke negara lain.

Meski paspor sangat penting dimiliki oleh orang yang melakukan perjalanan ke luar negeri. Tidak semua orang mengetahui manfaatnya. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya Warga Negara Indonesia (WNI) yang diketahui tidak memiliki dokumen resmi di luar negeri hingga dideportasi.

Ada beberapa manfaat paspor biasa yang harus Anda ketahui, yaitu:

Sebagai Identitas

Paspor menjadi dokumen pengenal atau pengganti identitas saat Anda memasuki negara lain.

Petugas imigrasi tujuan dapat melihat status atau kondisi kewarganegaraan Anda saat memasuki perbatasan negara. Sebagai contoh, Paspor Biasa berisi informasi: foto, nama lengkap, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, dan tanda tangan pemegang paspor.

Selain itu, di dalamnya juga tercantum kode negara, nomor unik paspor, masa berlakunya, penerbit, dan pejabat berwenang yang menandatangani dan menerbitkannya.

Sebagai Ijin

Dengan Anda memiliki sebuah paspor maka telah memiliki ijin untuk dapat mengunjungi negara lain. Paspor yang Anda miliki akan disesuaikan dengan tujuan penggunaannya. Tujuan yang dimaksud, yaitu wisata, bekerja, pendidikan, kunjungan keluarga, dan seterusnya.

Baca juga: Jasa Ganti Paspor

Syarat Pembelian Tiket

Saat Anda hendak membeli sebuah tiket pesawat terbang melalui aplikasi dengan tujuan negara lain, maka paspor menjadi syaratnya. Oleh karena itu manfaat paspor ini sangatlah luas terutama bagi Anda yang suka bepergian ke negara lain.

Check-in

Sampai di negara tujuan, sebagai warga negara asing Anda harus pula menunjukkan paspor saat melalkukan pemesanan hotel.

Syarat Buka Rekening

Selain menggunakan KTP paspor juga dapat Anda gunakan untuk membuka rekening tabungan di negara yang dituju. Anda yang bekerja di luar negeri mungkin membutuhkan rekening bank baru untuk berbagai transaksi terkait pekerjaan.

Verifikasi Akun

Paspor juga dapat digunakan sebagai pengganti KTP di negara asal. Salah satunya untuk verifikasi aplikasi di internet atau memasuki website tertentu.

Hak Mendapat Perlindungan

Pergi ke luar negeri dapat berarti Anda berada jauh dari teman dan kerabat. Perwakilan pemerintah Indonesia di negara yang dikunjungi menjadi tempat pengaduan selama di sana. Dengan mempunyai dokumentasi resmi dari RI, memudahkan WNI mendapatkan perlindungan di negara lain.

Baca: UU Keimigrasian Bab 4

Bahkan, pemegang Paspor Diplomatik dan Paspor Dinas mendapat kekebalan. Kekebalan diplomatik yang membuat Anda yang melakukan perjalanan dinas atas nama negara tidak harus mendapat pemeriksaan saat melintasi perbatasan.

Syarat Membuat Paspor

Saat ini terdapat perubahan terkait dengan masa berlaku sebuah paspor, sehingga semakin banyak yang ingin memilikinya. Bila sebelumnya paspor hanya berlaku selama lima tahun saja kini berubah. Kementerian Hukum dan HAM telah resmi menetapkan bila masa berlaku sebuah paspor berubah menjadi 10 tahun.

Masa berlaku yang dua kali lebih lama dari sebelumnya ini membuat semakin banyak orang yang mengajukan untuk memilikinya. Apalagi ada banyak manfaat paspor yang bisa Anda saat telah memilikinya, terutama saat berada di negara lain.

Bila yang ingin membuat paspor, berikut ini beberapa syarat yang harus Anda penuhi.

  • Kartu Tanda Penduduk Anda wajib menyertakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku saat mengajukan permohonan membuat paspor. Jika ternyata Anda telah pindah ke negara lain, maka wajib menyertakan surat keterangan pindah keluar negeri.
  • Kartu Keluarga Akta
  • Kelahiran
  • Selain dua dokumen di atas, Anda harus juga menyertakan akta kelairan serta akta nikah bagi yang sudah menikah.
  • Anda bisa juga menyertakan buku nikah, ijazah atau surat baptis sebagai pengganti salah satunya. Surat Kewarganegaraan Indonesia Surat ini berlaku bagi orang asing yang mendapat kewarganegaraan Indonesia melalui pewarganegaraan atau penyampaian surat untuk memilih kewarganegaraan.
  • Surat Penetapan Ganti Nama Jika seseorang mengalami perubahan nama, maka wajib baginya menyertakan surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang.

Semua persyaratan di atas ditetapkan sesuai Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian dan berkaitan dengan manfaat paspor. Itulah beberapa manfaat paspor yang harus anda ketahui.

Bagi anda yang mengalami kendala dalam pengurusan paspor dan membutuhkan bantuan, silahkan hubungi admin Biro Jasa Paspor via WA. Caranya cukup dengan menekan tombol WA di samping kanan bawah website ini.

About

Biro Jasa Paspor Amanah Legal Express siap melayani jasa pengurusan paspor secara profesional dengan proses cepat, tanpa ribet dan harga terjangkau.