Skip to main content
Service Images
Akta Pendirian Perusahaan

Pengurusan Akta Pendirian Perusahaan

Jasa Pembuatan Akta Pendirian Perusahaan di Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi telah kami lakukan sejak lebih dari 10 tahun lalu untuk berbagai perusahaan baik PT maupun CV dan sebagainya.

Apakah anda ingin mengembangkan usaha namun terkendala masalah legalitas perusahaan? Jika iya, maka jangan menunda terlalu lama, sebab tanpa legalitas maka usaha anda akan sulit untuk bersaing dengan kompetitor. 

Akta Pendirian Perusahaan

Akta pendirian perusahaan adalah dokumen yang disahkan oleh notaris untuk mendirikan sebuah perusahaan. Bentuk badan usaha yang menggunakan dokumen ini antara lain adalah Pendirian PT, yayasan, pendirian CV, dan lembaga komersial lainnya. Akta notaris pendirian perusahaan ini juga dapat menunjukkan legalitas sebuah perusahaan di mata hukum dan bukti dari pengusaha dalam kepemilikan usaha.

Isi dari akta notaris perusahaan tersebut harus disahkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia agar mendapat status badan hukum. Data yang tertera dalam dokumen adalah identitas dari pendiri perusahaan, kesepakatan pendirian perusahaan dan anggaran dasar yang digunakan sebagai modal awal perusahaan.

Manfaat Akta Pendirian Perusahaan

Jika Anda memiliki dokumen ini, maka Anda akan mendapatkan banyak manfaat, di antaranya adalah:

1. Mendapat citra baik bagi perusahaan

Perusahaan akan memiliki citra dan nama baik di mata para pemimpin perusahaan lainnya. Badan usaha yang Anda miliki juga akan memberikan kesan lebih profesional dan dapat dipercaya. Dengan begitu, perusahaan lain tidak akan ragu untuk melakukan kerja sama dengan perusahaan Anda.

2. Patuh pada peraturan yang berlaku

Dengan memiliki dokumen tersebut, Anda sudah mentaati regulasi dan legalitas yang berlaku di Indonesia. Dengan menaati peraturan, Anda dapat mengembangkan bisnis Anda lebih luas dan melakukan inovasi pada bisnis Anda.

3. Terbukanya peluang baru

Dokumen ini juga akan mendatangkan peluang baru bagi perusahaan Anda, di antaranya adalah peluang kerjasama, mendatangkan investor dan lainnya. Kepercayaan perusahaan lain terhadap perusahaan Anda akan membuat mereka tertarik untuk melakukan kerja sama. Oleh karena itu, Anda perlu untuk memiliki dokumen ini.

Fungsi Akta Pendirian Perusahaan

Fungsi dari akta pendirian perusahaan yang perlu Anda ketahui adalah:

Melegalkan Perusahaan

Dengan memiliki dokumen ini, perusahaan yang Anda miliki sudah otomatis legal di mata hukum oleh Kementerian Hukum dan HAM. Legalnya perusahaan Anda akan memudahkan Anda dalam melakukan bisnis usaha dan mengembangkan usaha. Akta notaris perusahaan juga dapat memudahkan perusahaan untuk mendapatkan bantuan dari instansi pemerintah. Hal ini tentunya akan membuat pengembangan usaha lebih cepat.

Status Kepemilikan yang Sah

Akte perusahaan ini akan memberikan kejelasan status kepemilikan perusahaan yang sah. Akta ini juga dapat menghindari dari hal yang tidak diinginkan seperti pembelian atau penjualan saham oleh mitra Anda. Status kepemilikan yang sah juga akan membuat perusahaan Anda mendapat perlindungan hukum jika terjadi masalah yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Dokumen Pendukung Pembuatan TDP dan SIUP

Akta ini dapat digunakan untuk mengurus surat dokumen seperti Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan).

Persyaratan Administratif

Syarat administratif yang perlu Anda persiapkan jika ingin membuat akta, yaitu: 

  1. Syarat Pembuatan Akta untuk PT (Perseroan Terbatas) Fotokopi dari KTP pendiri minimal 2 orang, KK penanggung jawab, PBB di tahun terakhir, dan surat kontrak. Pas foto penanggung jawab Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP) Foto kantor NPWP penanggung jawab Surat keterangan RT dan RW, jika perusahaan tersebut berdiri di area perkampungan. 
  2. Syarat Pembuatan Akta untuk CV Nama dan alamat CV Maksud dan tujuan bidang usaha Nama sekutu yang berkuasa Kartu identitas setiap sekutu Membuat kas pengeluaran milik beberapa sekutu atas nama CV Mendaftarkan Akta Pendirian Perusahaan ke Pengadilan Negeri Kota sesuai domisili perusahaan. Mendaftarkan akta ke Pengadilan Negeri melalui notaris, kemudian draft akta rancangan ditandatangani oleh pihak pengurus badan usaha.
  3. Syarat Pembuatan Akta untuk Perseoran Perorangan Identitas pendiri perusahaan Alamat perusahaan Nilai nominal dan jumlah saham Nama dan kedudukan perseroan perorangan Maksud dan tujuan bidang usaha Informasi jumlah modal Jangka waktu berdirinya perusahaan
  4. Syarat Pembuatan Akta untuk Firma Kartu identitas pendiri Nama dan alamat firma Maksud dan tujuan bidang usaha firma yang disesuaikan dengan format KBLI. Struktur kepengurusan Firma

Regulasi

Regulasi pemerintah mengenai pembuatan dokumen ini adalah: 

  1. Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 Pasal 48 ayat (2) yang menyatakan akta pendirian perusahaan wajib menerangkan pembagian saham dan keuntungan yang didapat para pendiri 
  2. UU No. 40 Tahun 2007 pasal 7 dan 8 ayat (1) tentang Perseroan Terbatas. 
  3. Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor M.HH-02.AH.01.01 tahun 2010 tentang Tata Cara Pengumuman Perseroan Terbatas Dalam Berita Negara dan Tambahan Berita Negara Republik Indonesia.

Bagi bapak/ibu/kakak yang membutuhkan bantuan dalam pengurusan akta pendirian perusahaan, silahkan jangan ragu untuk menghubungi Biro Jasa Amanah Legal Express.  

Layanan Lainnya

About

Biro Jasa Paspor Amanah Legal Express siap melayani jasa pengurusan paspor secara profesional dengan proses cepat, tanpa ribet dan harga terjangkau.